Apakah fitnes mania merasa tubuh anda kurang ideal dan tidak proposional? Rata-rata hampir mayoritas orang merasakan hal yang sama. Namun jika mengikuti tren bentuk tubuh ideal tidak akan ada habisnya.

Tahukah fitness mania jika dari zaman dulu tren bentuk tubuh para pria selalu berubah ubah seiring perkembangan zaman yang juga berubah?

Ada beberapa bentuk tubuh pria dari zaman dulu yang menjadi tren di zamannya.

Pada abad ke 20 akhir tahun 1870 tubuh ideal pria berbentuk perut buncit, karena dipengaruhi oleh status sosial pada saat itu. Seseorang dianggap mapan dan berwibawa jika memiliki bentuk tubuh seperti itu. Padahal bentuk tubuh dengan perut buncit sangat rentan terhadap penyakit. Saat itu para pria yang memiliki status sebagai bangsawan sebagian besar bertubuh besar dan berperut buncit. Bahkan pada tahun 1866 di Connecticut, Amerika Serikat (AS) didirikan sebuah klub yang bernama “Klub Pria Gemuk” dimana anggotanya harus memiliki berat badan paling tidak 100 kilogram, klub ini sangat populer dan menyebar ke seluruh penjuru Amerika.

Tren pria berbentuk perut buncit berakhir ketika pada tahun 1930 tren Hollywood yang saat itu sedang berkembang ikut mempengaruhi tren tubuh ideal pria, tren tubuh ideal lebih ramping dan berotot menjadi tren saat itu karena penampilan artis artis Hollywood yang  bertubuh ramping. Seperti aktor Cary Grant yang langganan berperan sebagai pemeran utama di Hollywood.

Kemudian  pada tahun 1960 tren pria bertubuh kerempeng atau kurus menjadi digemari, pada saat itu orang Amerika lelah dengan korporasi pasaran dan kekuasaan, mereka memberontak memanjangkan rambut mengkonsumsi narkoba dan tidak berolahraga. Mereka lebih menonjolkan inner beauty dari pada penampilan. Sebut saja penyanyi Mick Jagger yang berbadan kurus lebih digemari saat itu.

Tahun 1980an menjadi tren tubuh ideal berotot besar dan kekar seperti binaragawan, karena saat itu pusat kebugaran dan kegiatan olahraga semakin popiuler, pembentukan otot dengan melakukan berbagai macam latihan menjadi aktivitas yang sudah biasa dilakukan. Aktor Schwarzeneger yang memang mantan atlit binaraga menjadi ikon dan panutan banyak pria saat itu.

Sekitar tahun 1990 para pria sudah mulai mengurangi intensitas membentuk otot. Sehingga muncul tren tubuh ideal pria adalah atletis proposional. Dimana pria ingin memiliki bentuk tubuh atletis tanpa otot berlebihan seperti binaragawan. Bentuk tubuh ideal ini berlajut sampai abad ke 21 ketika industri fashion pria mulai menemukan titik kemajuannya.

Pada tahun 2012, sebuah studi ilmiah yang dilakukan oleh Institut Sains Neuro di Inggris menemukan kecenderungan yang sama pada wanita dan pria mengenai tren tubuh ideal. Bukan lagi tubuh berotot berisi, melainkan bentuk tubuh tinggi langsing dengan sedikit otot yang terlihat. Bentuk tubuh seperti itulah yang menjadi tren hingga sekarang. Lihat saja dengan mayoritas selebritis dunia yang memiliki tren tubuh proposional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Contact Us