Bagi orang awam, berat badan dapat turun dengan diet. Berat badan tidak akan berkurang meskipun melakukan diet ketat dengan seharian tidak makan jika tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang.

Selain asupan nutrisi yang terpenuhi, pola hidup juga mempengaruhi berat badan. Sering dari mereka yang sudah melakukan diet berhari – hari namun tidak ada perubahan berat badan dan akhirnya menyerah untuk melakukan diet lagi. Ada beberapa faktor yang membuat berat badan susah turun meskipun sudah diet ketat. Berikut penjelasannya :

  1. Pola Tidur

Setidaknya dibutuhkan waktu tidur 6-8 jam untuk orang dewasa, dikarenakan aktifitas di siang hari yang padat membuat tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup.

Bagi kebanyakan orang, tidur mungkin terkesan sepele, padahal manfaat tidur sangat luar biasa. Tubuh seperti di re-charge kembali, sel-sel tubuh yang rusak pun diperbaiki, dan tentunya rasa capek yang dirasakan setelah beraktifitas akan hilang dan badan menjadi segar.

Kurang tidur menyebabkan rasa letih dan lesu yang mengakibatkan mudah lelah saat berolahraga. Selain itu juga kurang tidur mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan sehingga mudah terasa lapar dan secara tidak sadar menjadi sering makan.

  1. Kurang Minum Air Putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan karena  tidak mengandung kalori yang membuat berat badan bertambah. Air merupakan kebutuhan vital, sebab jika tubuh kekurangan cairan, akan mengalami dehidrasi dan juga akan memperlambat system kerja metebolisme.

Jika tubuh kekurangan air akan menyebabkan dehidrasi, efek dari dehidrasi adalah rasa lapar yang berlebihan sehidrasi dapat bermanifestasi menjadi rasa lapar, otak dapat salah menafsirkan rasa kekurangan air dengan rasa lapar.

3. Makan Banyak Setelah Olahraga

Olahraga adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan, karena bisa membakar kalori lebih banyak dan juga membangun massa otot. Tetapi, jika Anda makan banyak setelah berolahraga, maka olahraga yang dilakukan akan sia-sia.

Jaga asupan makanan setelah berolahraga, usahakan jangan minum soda, makanan atau minuman instan yang mengandung gula berlebih. Makan setelah berolahraga juga harus menghindari yang mengandung lemak tinggi.

4. Makan Banyak Saat Merasa Stres

Saat seseorang merasa tegang atau stres, ada kecenderungan untuk makan makanan tak sehat, seperti makanan manis yang tinggi kalori, karena ingin mendapatkan ketenangan dengan cepat dari konsumsi makanan lezat tersebut.

Hal ini berbahaya bagi program diet Anda, karena ada makanan yang masuk ke dalam tubuh saat tubuh tidak memerlukannya.

5. Keputusan Makan Dengan Cepat

Saat kita dalam keadaan lapar, cenderung makan apa saja untuk meringankannya. Hal ini tidak baik dalam program diet Anda, karena bisa menambah berat badan.

Makanan ringan atau makanan cepat saji yang sering dipilih untuk mengatasi lapar dengan cepat, tidak bisa diserap tubuh dengan baik. Dan juga tidak bisa dijadikan sebagai energi, seperti kalori dari makanan sehat. Hal ini membuat Anda cenderung merasa lebih cepat lapar lagi sehingga makan dan minum lebih banyak.

Itulah beberapa penyebab susahnya menurunkan berat badan meskipun sudah diet agar membantu anda untuk merencanakan program diet yang sempurna dan mendapatkan berat badan yang ideal.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Contact Us