CARA MENCEGAH DAN GEJALA AWAL DIABETES MELITUS

 

Sebelum kita membahas gejala awal dan pencegahannya, kita kenali dulu yuk apa itu diabetes dan jenis-jenisnya.

Diabetes Melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi. Diabetes juga dapat dianggap sebagai penyakit yang disebabkan oleh kelainan reaksi kimia dalam hal penggunaan yang tepat dari karbohidrat , lemak, dan protein dari makanan karena kekurangan pengeluaran atau kekurangan insulin.

Diabetes terbagi menjadi tiga jenis, yaitu diabetes 1, diabetes 2, diabetes gestasional.

Diabetes 1 dan 2 hampir sama, namun diabetes 1 sering datang tiba-tiba dan bisa terjadi dalam hitungan hari atau minggu dan membuat kondisi penderitanya bertambah parah.

Sementara diabetes 2 berkembang secara bertahap. Gejala ini ditandai dengan proses penyebuhan luka menjadi lambat dan mati rasa pada bagian kaki karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Insulin sangat penting karena dapat mengontrol jumlah kadar gula (glukosa).

Berbeda dengan diabetes 1 dan 2 yang menyerang secara umum. Diabetes Gestasional adalah diabetes yang menyerang selama kehamilan. Seperti diabetes 1 dan 2 Diabetes Gestasional  mempengaruhi sel-sel anda memanfaatkan gula (glukosa).

Diabetes gestasional menyebabkan gula darah tinggi yang dapat mempengaruhi kehamilan dan kesehatan bayi.

Pada diabetes gestasional, gula darah akan kembali normal setelah melahirkan, namun jika anda pernah menderita diabetes gestasioanal tidak menutup kemungkinan akan menderita diabetes 2 di masa mendatang.

Gejala awal diabetes mudah dikenali karena perubahan pada fisik dan kebiasaan sehari-hari sehingga fitness mania dapat melakukan pencegahan penyakit diabetes berkembang menjadi lebih serius.

Berikut gejala awal diabetes :

  • Rasa haus yang berlebihan
  • Sering buang air kecil dengan volume banyak terutama saat malam
  • Rasa lapar yang luar biasa
  • Kelelahan karena kehabisan energi padahal jarang bergerak (olahraga)
  • Infeksi pada kulit yang lambat mengering
  • Gangguan penglihatan (penglihatan menjadi kabur)
  • Berat badan menurun drastis
  • Peningkatan kadar gula yang abnormal

Siapa pun bisa terserang diabetes melitus, bukan hanya orang lanjut usia atau yang mempunyai berat badan berlebih saja. Namun, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips untuk menghindari gejala diabetes, di antaranya adalah:

  1. Konsumsi makanan yang sehat.
    Kurangi asupan gula, makanan berlemak, makanan cepat saji, atau makanan yang digoreng.
  2. Bergerak lebih aktif
    Perbanyak aktivitas gerak di luar ruangan dibanding bermain gadget di dalam ruangan. Berolahraga secara rutin juga akan membuat tubuh anda merasa lebih segar dan bersemangat.
  3. Manajemen Berat Badan.
    Jaga berat badan ideal dengan melakukan diet dan olahraga secara teratur untuk menghindari obesitas.

Perlu diketahui bahwa diabetes termasuk penyakit kronis jangka panjang yang tidak dapat disembuhkan. Sekali anda terkena diabetes, maka anda harus hidup dengan penyakit ini selama sisa usia anda. Maka dari itu, hindarilah penyakit diabetes dengan beberapa upaya di atas selagi anda bisa. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *