TAHU KAH KAMU? FAKTA DAN FUNGSI OTOT PERUT

 

Pernahkah kamu mengharapkan memiliki perut  six pack?  Hampir setiap orang di seluruh dunia ingin memiliki badan ideal dan berotot.

Fitness mania, tahu kah kalau otot perut kita terdiri dari beberapa bagian yang fungsi dan bentuk. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana mendapatkan perut six pack, sebelumnya kita akan membahas fakta dari otot perut terlebih dahulu.

Berikut fakta dan penjelasannya :

  1. Rectus Abdominis

Rektus abdominis terdiri dari sepasang otot paralel yang memperpanjang seluruh perut. Dalam bahasa Latin, rektus berarti lurus dan abdominis berarti perut. Oleh karena itu, rectus abdominis berarti perut lurus, sebuah istilah yang merujuk pada struktur otot pasangan ini. Otot rectus abdominis berpotongan dengan pita-pita jaringan ikat fibrosa yang disebut persimpangan tendinous. Persimpangan tendensi ini membagi rektus abdominis menjadi beberapa bagian yang membentuk perut six-pack. Seperti yang telah disebutkan, otot rectus abdominis terletak di daerah perut / perut tubuh. Secara khusus, kelompok otot yang berpasangan ini berasal dari puncak kemaluan dan simfisis pubis (juga disebut simfisis pubis). Puncak kemaluan terletak di bagian depan, bagian tengah tulang kemaluan, dan simfisis pubis adalah tulang rawan yang bergabung dengan sisi kanan dan kiri tulang panggul depan. Dari puncak kemaluan dan simfisis pubis, rektus abdominis memanjang ke atas dan menempel ke bagian bawah tulang rusuk kelima hingga ketujuh di setiap sisi tulang rusuk, serta proses xiphoid. Proses xiphoid adalah ekstensi kecil dari bagian bawah sternum atau lempeng payudara.

  1. Fascia

Fascia merupakan sebuah lapisan atau selubung tipis yang berwujud jaringan mirip serat yang menyelimuti sebuah otot atau organ tubuh lainnya.

Fascia, menurut penuturan Schleip, memiliki peran yang penting dalam transmisi kekuatan otot dan ia juga berguna sebagai organ sensorik. Bahka sebenarnya fascia adalah organ sensorik yang paling kaya dan vital dalam penerimaan rangsangan. Sehingga jika ada gangguan pada fascia, disfungsi dalam tubuh bisa terjadi atau rasa sakit kronis bisa muncul.

Fascia menyelimuti semua otot dan organ kita dan berpartisipasi dalam semua gerakan tubuh kita. Jaringan ini juga mengandung syaraf dan pembuluh darah. Di samping itu, cairan juga mengalir dan beredar dalam fascia sehingga memungkinkannya bekerja bak pompa hidrolik yang halus.

  1. Obliques Eksternal dan Internal

Obligues eksternal terletak di bagian lateral dan anterior perut. Luas, tipis, dan segi empat tidak teratur, bagian berototnya menempati sisi, aponeurosisnya dinding anterior perut. Pada kebanyakan manusia (terutama wanita), oblique tidak terlihat, karena timbunan lemak subkutan dan ukuran otot yang kecil. Otot ini terletak dibagian terluar yang bertugas memutar ke kiri dan kanan badan. Obliques eksternal adalah otot yang lebar, tipis dan otot ini adanya dekat kulit yang terletak disisi tubuh.

Obliques internal berasal dari ligamentum inguinalis (ligamentum yang membentang dari tulang iliaka anterior ke tulang pubis) dan krista iliaka anterior.

Dalam kasus otot-otot perut ini, stabilisasi adalah fungsi utama.

Obliques internal berfungsi secara bilateral (kedua sisi) untuk melenturkan tubuh dan mengompres isinya. Secara unilateral (satu sisi) untuk melenturkan tubuh secara lateral dan memutarnya ke sisi yang sama.

Obliques eksternal berfungsi secara bilateral untuk melenturkan tubuh dan mengompres isinya. Secara unilateral untuk melenturkan tubuh secara lateral dan memutar tubuh ke sisi yang berlawanan.

  1. Linea Alba

Linea alba adalah struktur berserat yang membentang di garis tengah perut pada manusia dan vertebrata lainnya. Pada manusia linea alba berjalan dari proses xiphoid ke simfisis pubis.

Disebut garis putih karena memang berwarna putih, sebagian besar terdiri dari jaringan ikat kolagen.

Dibentuk oleh perpaduan aponeurosis otot perut, dan memisahkan otot rectus abdominis kiri dan kanan. Pada individu berotot, keberadaannya dapat dilihat pada kulit, membentuk lekuk antara bagian kiri dan kanan dari “six pack”.

Usaha dan latihan keras adalah kunci utama untuk mendapatkan perut six pack, Namun jika fitness mania sudah mengetahui fungsi dan letak otot perut, setidaknya kita bisa menghindari cedera serius pada saat latihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *